Pengertian Bank Syariah

Kamis, 19 Juli 2012

Pengertian bank syariah - Sebelum kita membahas tentang pengertian bank syariah, perlu dipahami bahwa banyak para tokoh memberikan pendapat mengenai pengertian bank syariah, sehingga satu dengan yang lain berbeda-beda asumsinya. Secara garis besar pengertian bank syariah itu merupakan sebuah lembaga perbankan yang pada prinsipnya berpegang pada syariat Islam. Namun, untuk lebih jelasnya silakan simak beberapa tokoh dalam menguraikan pengertian bank syariah.

Kata bank berasal dari kata Banque dalam bahasa Prancis, dan dari kata Banco dalam bahasa Itali, yang berarti peti atau lemari atau bangku. Kata peti atau lemari menyiratkan fungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda berharga, seperti emas, peti berlian, peti uang dan sebagainya. Menurut Heri Sudarsono, pada umumnya yang pengertian bank syariah adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa lain dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang beroperasi disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah. oleh karena itu, usaha bank akan selalu berkaitan dengan masalah uang yang merupakan barang dagangan utamanya.
pengertian bank syariah
Pengertian bank syariah atau bisa dikenal dengan bank islam mempunyai sistem operasi di mana ia tidak mengandalkan pada bunga. Bank Islam atau biasa disebut dengan bank tanpa bunga ini, bisa dikatakan sebagai lembaga keuangan atau perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan pada Al-Qur‟an dan Hadist Nabi SAW. Atau dengan kata lain, bank Islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. (Karnaen Perwataatmadja dan M. Syafe‟i Antonio).

Pengertian bank syariah sebenarnya telah diatur dalam Undang-undang. Pasal 2 PBI No. 6/24/PBI/2004 Tentang Bank Umum yang Melaksanakan Kegiatan Usaha Berdasarkan Prinsip Syariah, memberikan definisi bahwa Bank umum syariah adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bentuk hukum yang diperkenankan adalah perseroan terbatas atau PT. Dalam buku yang berjudul Manajemen Bank Syari’ah, secara garis besar hubungan ekonomi berdasarkan syariah Islam tersebut di tentukan oleh hubungan akad yang terdiri dari lima konsep dasar akad. Bersumber dari lima dasar konsep inilah dapat ditemukan produk-produk lembaga keuangan bank syariah dan lembaga keuangan bukan bank syariah untuk dioperasionalkan. Kelima konsep tersebut adalah : (1) sistem simpanan, (2) bagi hasil, (3) margi keuntungan, (4) sewa, (5) jasa (fee).
Kegiatan utama perbankan syariah tersebut harus menggunakan prinsip dasar bank syariah yang ditetapkan, yaitu: Mudharabah, Musyarakah, Wadi’ah, Murabahah, Salam, Istishna’, Ijarah, Qardh, Rahn, Hiwalah/Hawalah, dan Wakalah. Prinsip-prinsip dasar ini Insya Allah akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya agar lebih memahami pengertian bank syariah secara mendalam.


Artikel selanjutnya :

- Prinsip Bank Syariah

9 komentar:

  1. bagusnya diperlengkap dengan sumber kutipannya.

    BalasHapus
  2. baru tahu kalau kata bank itu berasal dari prancis,, terimakasih ilmunya sobat

    BalasHapus
  3. mau tanya apa bank syariah bs u kerjasama bagi hasil? kalau jawabannya iya...bagi hasilnya berapa berapa? tolong sms ke 081283842828..... p yanto ,terimakasih .

    BalasHapus
  4. Bisa pak. masing-masing bank mempunyai aturan sendiri-sendiri. lebih jelasnya, Bapak bisa kontak langsung ke bank syariah terkait. bisa Bank Syariah mandiri, BRI Syariah, Muamalat, atau perbankan syariah lainnya. Kalau web ini hanya menyediakan informasi seputar perbankan syariah di Indonesia

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum....afwan mau tanya: apa pandanga/hukum "bunga" dalam perbank-kan syariah?.......syukron sebelumnya.... :-)

    BalasHapus
  6. kalau pedoman dalam mekanoisme bank syari'ah gimana?

    BalasHapus
  7. Materinya simpel dan pas buat makalah. izin share ya..

    BalasHapus
  8. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi syariah, menurut saya perkembangan ekonomi syariah semakin lama semakin meningkat dan semakin baik.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai ekonomi syariah yang bisa anda kunjungi di http://ps-ekosyariah.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

 
Bank Syariah © 2012 - Web Desain Jakarta Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions