Bank Syariah Mandiri

Kamis, 06 Desember 2012

Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan bank milik pemerintah pertama yang melandaskan operasionalnya pada prinsip syariah. Secara struktural, bank syariah mandiri berasal dari Bank Susila Bakti (BSB), sebagai salah satu anak perusahaan di lingkup Bank Mandiri (ex BDN), yang kemudian dikonversikan menjadi bank syariah secara penuh. Dalam rangka melancarkan pross konversi menjadi bank syariah, Bank Syariah Mandiri menjalin kerja sama dengan Tazkia Institute, terutama dalam bidang pelatihan dan pendampingan konversi.

bank syariah mandiri

Sebagai salah satu bank yang dimiliki oleh Bank Mandiri yang memiliki aset ratusan triliun dan networking yang sangat bagus, Bank Syariah Mandiri memiliki beberapa keunggulan komparatif dibanding pendahulunya. Demikian juga perkebangan politik terakhir di Aceh menjadi blessing in disguise bagi Bank Syariah Mandiri. Hal ini karena Bank Syariah Mandiri akan menyerahkan seluruh cabang Bank Mandiri di Aceh kepada Bank Syariah Mandiri untuk dikelola secara syariah. Langkah besar ini jelas akan menggelembungkan aset Bank Syariah Mandiri dari posisi pada akhir tahun 1999 sejumlah Rp 400.000.000.000,- (empat ratus miliar rupiah) menjadi di atas 2 hingga 3 triliun. Perkembangan ini diikuti pula dengan peningkatan jumlah cabang Bank Syariah Mandiri, yaitu dari 8 menjadi lebih dari 20 buah.
Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktik.


Artikel Selanjutnya :

- E-Banking BRI Syariah

 
Bank Syariah © 2012 - Web Desain Jakarta Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions