Ekonomi Mikro

Minggu, 24 Februari 2013

Ketika kita bebicara tentang Ekonomi Mikro Islam, maka sebelumnya kita akan membahas tentang ekonomi secara umum, kita sering menjumpai dua istilah dalam ekonomi, yaitu economic dan economy. Pengertiannya adalah:

  • Economic = ekonomi sebagai teori
  • Economy = ekonomi sebagai praktek 

sedangkan secara sistem keuangan islam, negara yang pertama kali mengharamkan riba adalah Iran di mulai awal th 80an, kemudian menyusul negara pakistan.


Dalam prakteknya, ekonomi di kenal dalam dua istilah yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi Mikro adalah ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi dalam pasar tertentu. Pelaku ekonomi dalam hal ini seperti Rumah tangga, Perusahaan, Pemerintah (regulasi). Sedangkan Ekonomi Makro adalah ekonomi yang mempelajari ekonomi secara keseluruhan dalam suartu negara dalam kurun waktu tertentu, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan.

Ekonomi Mikro


Setelah mengetahui ekonomi secara umum, maka kita akan mengetahui permasalahan mendasar dalam ekonomi kapitalis, yaitu dalam ekonomi konvensional masalah ekonomi timbul karena adanya kelangkaan sumberdaya yang dihadapkan pada keinginan manusia yang tidak terbatas.

Apa ini juga masalah dalam ekonomi islam ?

Baca Juga :
Sekilas Tentang Ekonomi Kapitalis

 
Bank Syariah © 2012 - Web Desain Jakarta Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions